Wednesday 4 March 2015

artikel SMPT, POP3, IMAP






Pengertian Imap, Pop3, Smtp

 

Pengertian POP3
Post Office Protocol version 3 (POP3) adalah sebuah protokol mail standar yang digunakan untuk menerima email dari server jauh ke klien email lokal. POP3 memungkinkan Anda untuk men-download pesan email pada komputer lokal Anda dan membacanya bahkan ketika Anda sedang offline.

Pengertian IMAP

Internet Message Access Protocol (IMAP) adalah protokol mail yang digunakan untuk mengakses email pada web server remote dari klien lokal. IMAP dan POP3 adalah dua yang paling umum protokol internet mail yang digunakan untuk mengambil email. Kedua protokol yang didukung oleh semua klien email modern dan web server.
Perbedaan  IMAP dan POP3:
POP3 protokol mengasumsikan bahwa hanya ada satu klien tersambung ke kotak surat. Sebaliknya, protokol IMAP memungkinkan akses bersamaan oleh banyak klien. IMAP sangat cocok untuk Anda jika kotak surat Anda adalah tentang untuk dikelola oleh beberapa pengguna.

Pengertian SMTP

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah protokol standar untuk pengiriman email di Internet. SMTP menggunakan TCP port 25 atau 2525 dan kadang-kadang Anda dapat memiliki masalah untuk mengirim pesan Anda jika ISP Anda telah menutup port 25 .


Perbandingan POP dan IMAP




Tidak Ya
Membaca email baru Cepat Ada delay sekitar 1-5 detik
Rule/Filter yang dibuat di Outlook otomatis berlaku di Webmail Tidak Hanya rule dari Webmail yang berlaku untuk Outlook
Email Backup Backup email harus dilakukan manual kecuali setting “leave message on server” diaktifkan Backup email otomatis dilakukan di server
Delete email Email yang dihapus langsung masuk ke “Deleted Folder” Email yang dihapus akan ditandai berupa garis coret pada header nya. Untuk menghapus secara permanent maka lakukan “Purge Deleted Messages”
Dari perbandingan diatas dapat dilihat bagaimana IMAP lebih baik daripada POP3 dalam untuk melakukan sinkronisi Folder dan Rule terhadap Webmail.
Untuk rekan” yang menggunakan HP lebih baik menggunakan protokol IMAP, karena dengan menggunakan protokol IMAP rekan rekan bisa set, apakah email di terima beserta attachmentnya aja atau cuma header nya saja.
Oke, Setelah mengetahui perbedaan diatas, saya harap rekan rekan bisa membedakan antara POP3 dan IMAP.
Oke, Selamat Mencoba. Thank’s

0 comments:

Post a Comment